Plodongan Perbaiki Status Gizi Melalui Kegiatan PPG


       Kasus gizi buruk yang mewabah di wilayah Indonesia Timur, beberapa waktu lalu sangat memprihatinkan. Dilansir dari data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) dan buku Saku Hasil Pemantauan Status Gizi (PSG) Tahun 2016 ada 3 provinsi yang proporsi balita dengan gizi kurang dan buruk berjumlah kurang dari 10 persen, yaitu Sulawesi Utara, Bengkulu, serta Bali. Sebanyak 9,1 persen balita di Bali mengalami masalah ini, dengan 1 persen untuk gizi buruk dan 8,1 persen untuk gizi kurang. Sedangkan di Bengkulu dan Sulawesi Utara, masing-masing ada 8,7 dan 7,2 persen balita yang masuk dalam kategori gizi kurang dan buruk. Di Provinsi Papua, yang sedang mengalami wabah gizi buruk, proporsi balita yang mengalaminya sebanyak 3,2 persen dari populasi di bawah rata-rata nasional yang berada di angka 3,4 persen. (sumber : artikel Gizi Buruk di Berbagai Wilayah Indonesia, Desi Purnamasari).

       Mengingat banyaknya kasus gizi buruk tersebut, Pemerintah Kabupaten Wonosobo melalui Pusat Kesehatan Masyarakat di wilayah melakukan berbagai kegiatan untuk meminimalisir kasus ini, salah satunya melalui PPG (Pos Pemulihan Gizi), yakni serangkaian kegiatan pemulihan balita gizi buruk dengan cara rawat jalan yang dilakukan oleh masyarakat dengan bantuan kader kesehatan dan petugas kesehatan.  

        Di Tahun 2018 Desa Plodongan, menjadi sasaran Pos Pemulihan Gizi di wilayah Kecamatan Sukoharjo. Menurut Marsiti Dwi Rahayuni, S.Gz, Nutrisionis di Puskesmas Sukoharjo I menyampaikan bahwa dipilihnya Plodongan sebagai sasaran PPG di tahun ini karena jumlah balita gizi kurangnya masih banyak, dan masih juga terdapat balita yang masuk dalam kategori gizi buruk.

       Launching PPG Desa Plodongan yang terlaksana pada Kamis (8/3) kemarin terlaksana dengan lancar. Ibu-ibu balita yang memiliki gizi kurang dan gizi buruk, sangat antusias mengikuti jalannya kegiatan ini. Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu yang memiliki 6 orang balita bergizi kurang dan 1 orang yang bergizi buruk. Pada pertemuan perdana ini, disampaikan materi mengenai Pembuatan Modisco, yakni makanan penggemuk bagi anak.

      Kegiatan Pemulihan Gizi di Desa Plodongan dijadwalkan akan dilaksanakan pada setiap bulannya selama Tahun 2018. Adanya kegiatan ini diharapkan dapat mempercepat pemulihan gizi balita di wilayah Desa Plodongan, sehingga balita-balitanya dapat tumbuh sehat, cerdas dan berkualitas.


Total Dibaca

Desa Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: 082227359000
Email:  pemdesplodongan@gmail.com
Website: https://plodongan-sukoharjo.wonosobokab.go.id

Jalan Raya Plodongan