RAT Gapoktan


Gapoktan Sido Makmur Desa Plodongan

Adakan RAT Tutup Buku Tahun 2017

 

 

Gapoktan Sido Makmur Desa Plodongan adakan Rapat Anggota Tahunan Tutup Buku Tahun 2017 pada Rabu (31/1) kemarin. Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Plodongan ini dihadiri oleh Perwakilan dari Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kab Wonosobo, Tim Teknis PUAP Kecamatan Sukoharjo, PPL Kecamatan Sukoharjo dan juga  para anggota dari Gapoktan Sido Makmur Desa Plodongan.

Kepala Desa Plodongan, Yulianto dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pengelola LKM yang telah 10 tahun telah mengelola kegiatan dengan baik. Kendati masih banyak kendala disana-sini beliau tetap berharap semoga LKM Sido Makmur dapat berkembang di tahun yang akan mendatang. Menurutnya kemacetan angsuran yang dialami oleh LKM Sido Makmur ini mungkin akibat melemahnya kondisi keuangan masyarakat, dimana sekarang hasil pertanian menurun ditambah harga jualnya juga murah, mengakibatkan ketidak stabilan kondisi ekonomi masyarakat.

Berdasarkan Laporan Pertanggungjawaban LKM Sido Makmur Tahun 2017 yang disampaikan pada saat RAT, masih banyak anggota yang menunggak angsurannya, kurang lebih 60% dari keseluruhan jumlah anggota. Hal ini menjadi PR bagi pengelola Gapoktan dan seluruh anggota Gapoktan untuk menyelesaikan masalah kemacetan angsuran tersebut.

Menurut Koordinator PPL Kecamatan Sukoharjo, Sutrisno SST, bahwa Gapoktan Sido Makmur merupakan salah satu dari beberapa Desa yang mendapat suntikan dana PUAP (Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan) dari pemerintah sebesar seratus juta rupiah. Pemberian dana PUAP ini tentu diharapkan agar Gapoktan-gapoktan bisa berkembang dan dapat menjadi Bank-bank pertanian, yang bisa mencukupi kebutuhan permodalan bagi para petani di wilayahnya, sehingga petani tidak lagi bergantung pada bank-bank konvensional ataupun bank-bank lain yang mematok bunga tinggi. Dengan adanya unit usaha simpan pinjam berupa Lembaga Keuangan Mikro yang dikelola Pengurus Gapoktan tentu diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya bagi petani yang telah tergabung di dalamnya.

Terlaksananya kegiatan Rapat Anggota Tahunan ini, diharapkan dapat menemukan solusi untuk  menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada, sehingga Gapoktan Sido Makmur dapat lebih maju dan berkembang di masa yang akan datang.


Total Dibaca

Desa Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: 082227359000
Email:  pemdesplodongan@gmail.com
Website: https://plodongan-sukoharjo.wonosobokab.go.id

Jalan Raya Plodongan