Kelas Ibu Hamil Desa Plodongan


Plodongan, Persiapkan Generasi yang Berkualitas

Melalui kegiatan ANC Class

 

 

ANC (Ante Natal Care) Class atau kelas ibu hamil merupakan satu bentuk kegiatan yang dilakukan untuk mewujudkan kehamilan yang berkualitas sampai dengan persalinan yang berkualitas pula. Dengan adanya ANC Class diharapkan ibu-ibu hamil memiliki ruang tersendiri untuk saling sharing atau berbagi cerita mengenai kehamilan yang dijalaninya ataupun rencana persalinannya kelak, sehingga permasalahan-permasalahan dan mitos-mitos seputar kehamilan dapat dicarikan solusinya pada acara ANC Class tersebut.Seperti hal-nya dengan desa lain di Indonesia, Desa Plodongan juga mengadakan kegiatan rutin ANC Class pada setiap bulannya.

Kegiatan ANC Class Desa Plodongan bulan Februari yang terlaksana pada Selasa (27/2) kemarin diikuti dengan seksama oleh para bumil dan kader PIH (PendampingI bu Hamil) yang hadir. Materi yang disampaikan pada pertemuan kali ini yakni hal-hal yang terkait seputar kehamilan dan juga pasca persalinan seperti tanda-tanda persalinan, persiapan persalinan, tanda-tanda bahaya dalam persalinan, tanda-tanda bahaya nifas, tanda bahaya nifas, cara menyusui yang benar, cara memerah dan menyimpan ASI perah bagi ibu pekerja, mitos seputar kehamilan, bersalin dan nifas.

Endah Sari Setyaningsih, A.Md.Keb, bidan Desa sementara di Desa Plodongan yang hadir sebagai Narasumber pada pertemuan kali ini menyampaikan bahwa pelaksanaan ANC Class di Desa Plodongan, termasuk bagus dimana para ibu hamil sangat aktif mengikuti kegiatan sampai dengan selesai, sehingga materi-materi yang disampaikan akan semakin mudah terserap oleh peserta.

“Menurut saya, kelas ibu hamil di Desa Plodongan pelaksanaannya sudah bagus, dimana bumil yang hadir sangat antusias dalam mengikuti jalannya kegiatan, sehingga mudah dalam penyampaian materinya, hanya saja mungkin untuk prosentase kehadiran ini masih perlu ditingkatkan lagi karena setiap bulannya belum mencapai 100 persen, ”ungkap Endah Sari Setyaningsih.

Kehadiran para bumil setiap bulannya diharapkan dapat terus meningkat bahkan tingkat kehadirannya mencapai seratus persen. Hal ini ditujukan agar dapat mewujudkan kehamilan dan persalinan masyarakat di Desa Plodongan yang berkualitas. Adanya kehamilan yang berkualitas hingga persalinan yang berkualitas tentunya diharapkan dapat melahirkan generasi penerus di Desa Plodongan yang sehat, cerdas dan berkualitas di masa yang akan datang.


Total Dibaca

Desa Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: 082227359000
Email:  pemdesplodongan@gmail.com
Website: https://plodongan-sukoharjo.wonosobokab.go.id

Jalan Raya Plodongan